Senin, 13 November 2017

10 Cara Mengamankan Mobil dari Pencurian dan 9 Alat Recomended Alat Pengaman Mobil

10 Tips Mengamankan Mobil dari Kejahatan Pencurian

Salah satu bentuk kejahatan terhadap pemilik mobil adalah pencurian mobil. Modus pencurian mobil semakin hari semakin beragam. Mobil adalah properti berharga yang sangat mudah dipindahkan, dilarikan, atau dicuri oleh orang yang mendapatkan akses untuk menjalankannya. Oleh karena itu setiap pemilik mobil sebaiknya selalu waspada dan mengetahui bagaimana cara menghindari pencurian mobil. Berikut beberapa cara mencegah pencurian mobil kesayangan d’Garda.

1. Gunakan Alarm Mobil Menggunakan alarm mobil adalah salah satu cara yang efektif untuk mengamankan mobil dari percobaan pencurian. Alarm mobil dapat memberitahukan dengan bunyi sirine atau bunyi klakson jika mobil dibuka saat alarm aktif. Hal ini akan membuat membuat perhatian orang di sekitar tertuju pada mobil tersebut saat alarm berbunyi.

2. Pastikan Kondisi Mobil Siap Ditinggal Saat Parkir Pastikan pintu dan kaca mobil tertutup rapat dan pintu-pintu mobil dalam keadaan terkunci saat meninggalkan mobil yang diparkir. Pintu yang tidak tertutup rapat membuat alarm otomatis tidak akan bekerja. Kaca mobil yang terbuka akan memudahkan akses pencuri untuk membuka pintu mobil.

3. Gunakan Kunci Tambahan Pencuri mobil berpengalaman seringkali dapat membuka pintu yang terkunci dengan mencongkel kunci pintu melalui sela karet kaca mobil. Memasang kunci tambahan sebagai immobilizer dapat mencegah pencuri melarikan mobil meskipun ia berhasil membuka pintu dan menyalakan mesin mobil. Kunci pengaman tambahan dapat berupa kunci setir, immobilizer ban, atau kunci pedal (untuk pedal gas, pedal rem atau pedal kopling). Biasanya memasang kunci setir cukup efektif membuat pencuri mengurungkan niat mencuri mobil dan lebih memilih mobil yang tidak memiliki pengaman tambahan.

4. Jangan Meninggalkan Mobil dalam Kondisi Mesin Hidup Salah satu modus pencurian mobil adalah melarikan mobil yang diparkir dalam keadaan mesin menyala. Hindari meninggalkan mobil dalam keadaan mobil menyala meskipun di dalam garasi di rumah sendiri.

5. Miliki Garasi yang Aman Kecerobohan terhadap keamanan mobil dapat terjadi di rumah karena pemilik beranggapan mobil akan selalu terawasi saat berada di rumah sendiri. Gunakan garasi dengan kunci yang memadai untuk mencegah pencuri mamanfaatkan kelengahan d’Garda untuk mencuri mobil yang diparkir di rumah.

6. Parkir di Tempat yang Aman Memilih tempat parkir mobil yang aman mengurangi resiko pencurian mobil. Banyak orang memilih tempat parkir yang tidak aman karena berbagai alasan seperti lokasi yang lebih dekat, praktis, tidak perlu membayar dan lain sebagainya. Pilihlah tempat parkir umum yang aman dan terbuka. Jika memungkinkan pilihlah tempat parkir resmi yang memiliki sistem pengawasan yang memadai oleh petugas kemanan dan kamera CCTV.

7. Jangan Meninggalkan Kartu Parkir dalam Mobil Hindari meninggalkan kartu parkir atau karcis parkir di dalam mobil yang diparkir. Tempat parkir resmi menggunakan kartu parkir selain sebagai alat kontrol waktu parkir juga sebagai alat kontrol kemanan mobil. Pengemudi yang tidak memiliki karcis parkir dan tidak dapat menunjukkan STNK yang sesuai dengan KTP tidak dapat meninggalkan tempat parkir. Sitem ini sangat efektif untuk menjaga kemanan mobil di tempat parkir resmi. Jika pencuri dapat membawa mobil dengan kartu parkir resmi, ia tidak perlu menujukkan STNK dan KTP atau surat identitas resmi lainnya.

8. Perbarui Keamanan Mobil setelah Alih Tangan Jika d’Garda membeli mobil seken yang sudah ada kunci pengamannya (misalnya kunci setir), gantilah dengan kunci pengaman yang baru. Demikian pula jika d’Garda membeli mobil seken yang sudah memiliki kunci/switch rahasia, sebaiknya diganti atau dipindahkan letaknya. Ganti juga kunci tambahan (misalnya kunci setir) saat d’Garda mengganti sopir. Hal ini untuk mengantisipasi niat buruk dari orang yang pernah memiliki akses ke mobil d’Garda dan masih menyimpan duplikat kunci mobil d’Garda.

9. Gunakan Perangkat GPS Tracking System pada Mobil GPS tracking system adalah teknologi pelacakan keberadaan mobil berdasarkan pantauan satelit. Dengan menggunakan perangkat GPS tracking system, d’Garda tetap dapat mengetahui posisi mobil d’Garda meskipun dibawa kabur pencuri. Tetapi perlu diingat teknologi canggih ini mungkin hanya bekerja beberapa jam saja pada mobil yang telah dicuri, begitu pencuri memeriksa dan menemukan perangkat ini tentu saja alat ini akan segera dinon-aktifkan.

10. Asuransikan Mobil ( Sebaiknya Jangan Karnea RIBA ) Mengasuransikan mobil tidak dapat mencegah pencurian, tetapi dapat mencegah kerugian finansial atas properti berharga yaitu mobil d’Garda. Jika tindakan preventif terhadap pencurian kendaraan belum cukup meyakinkan, d’Garda dapat meminimalisir resiko kerugian karena kehilangan mobil dengan mengasuransikan mobil d’Garda. Dengan mengikuti asuransi kendaraan, d’Garda akan mendapatkan penggantian kerugian atas kehilangan mobil d’Garda karena berbagai sebab termasuk karena pencurian.


9 ALAT PENGAMAN MOBIL TERBAIK DI INDONESIA

Membeli pengaman mobil terbaik adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir angka pencurian mobil, mengingat pencurian mobil kerap sering terjadi, tidak mengenal tempat dan waktu. Padahal menurut beberapa korban, mobil mereka telah dikunci sehingga tidak ada peluang pencuri untuk dapat membobolnya. Tapi kenyataanya, aksi mencuri tetap saja terjadi. Entah pencuri nya yang terlalu pintar atau korban yang memang lagi apes aja. 
1. Kunci Setir
Kunci setir merupakan salah satu jenis kunci pengaman mobil terbaik yang berfungsi mengunci pergerakan kemudi. Kunci stir dipasang dengan mengaitkan bagian stir mobil dengan salah satu komponen dari rem, kopling, atau gas sehingga mobil tidak bisa bergerak. Kunci setir banyak modelnya, ada yang mencengkeram setir, ada yang diganjal pada dashboard, ada juga yang dikaitkan dengan pedal gas atau kopling dimana dapat terhubung dengan kabel ke mesin.

Selain kunci setir ada pula kunci tuas persneling, alat yang dipasang mengelilingi tuas persneling sehingga tuas tidak bisa digerakkan, atau dipasang bagian bawah tuas persneling, tersembunyi pada floor atau penutup dasar mobil di sisi pengemudi. Kunci semacam itu bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 600 ribu.
Ada beberapa jenis kunci stir yang bisa diaplikasikan pada mobil anda, diantaranya yaitu:

a. Hipowerlok
Hipowerlock tampil dengan sistem penguncian yang sederhana, praktis, namun memiliki kualitas yang baik. Pemasangannya juga tidak sulit dan dapat dipasang pada posisi lingkar kemudi jenis apapun sekalipun sudah diberi cover.

b. Hipowerlock Alarm
Hipowerlok Alarm memiliki model konvensional dengan tambahan adanya alarm yang juga terpasang. Alarm akan berbunyi ketika sistem penguncian bekerja. Namun kekurangan dari jenis hipowerlok ini adalah pada sistem pemasangannya yang sedikit sulit.

c. Yale
Yale merupakan jenis gembok yang dibuat khusus untuk sistem pengamanan stir mobil. Bentuknya lebih solid dengan memadukan warna kuning dan hitam yang menunjukkan posisi stir dalam keadaan terkunci atau tidak.

d. Hipowerlok Lock Heavy Duty
Hipowerlok lock heavy duty menawarkan dua sistem penguncian dengan model sedikit memanjang. Hipowerlok lock juga memanfaatkan material stainless steel dan memiliki desain yang bagus.




2. Kunci Roda
Kunci atau yang biasa juga disebut spanner merupakan pengaman mobil dari pencuri yang terbuat dari baja dengan tekstur keras berlapis Chrom atau Nikel sehingga tidak cepat aus. Kunci atau spanner terdapat dalam beberapa macam, diantaranya adalah kunci ring, kunci pas, kunci soket, kunci L, kunci Inggris, Kunci pipa, kunci bintang, tracker, kunci roda, dan masih banyak lagi. Kunci roda merupakan salah satu alat pendukung pengamanan lainnya yang biasa dipasang pada mobil. Kunci roda berfungsi membuka baut dan menempatkan kembali tutup roda. Mekanisme kerja kunci roda yaitu mengaitkan velg mobil sehingga mobil tidak bisa bergerak sehingga meminimalisir aksi pencurian di tempat umum.

 
Sumber: www.suzuki.co.id

3. Alarm Mobil
Pengaman mobil dari pencurian yang selanjutnya dapat diaplikasikan adalah alarm. Alarm merupakan bunyi peringatan yang terdengar jika terjadi gangguan pada mobil. Ada banyak tanda yang biasa diberikan oleh alarm bila mendeteksi sesuatu yang tidak beres pada mobil ketika sedang diparkir, misalnya adanya sinyal dari sein atau lampu kecil, bunyi klakson, atau memberikan sinyal GSM menggunakan telepon jika alarm tersebut adalah alarm model GSM.

Alarm memang sangat dibutuhkan sebagai alat pengaman tambahan pada mobil mengingat fungsinya adalah menyampaikan sinyal bahaya secara dini sehingga pemilik kendaraan dapat mengantisipasi dengan cepat bahaya yang kemungkinan akan terjadi. Alarm yang digunakan juga sebaiknya juga disambungkan pada speaker di dalam mobil sehingga bila kabel klakson diputuskan, alarm masih berbunyi.
Sumber: autobild.co.id

4. Immobilizer
Immobilizer merupakan alat pengaman mobil dari pencuri dengan sistem pengaman yang ditempatkan pada mobil. Sistem kerjanya dilakukan dengan mencocokkan kode pada kunci dengan kode pada perangkat mobil. Apabila kode tidak sama, maka mobil tidak bisa dihidupkan. Sistem pengaman ini bisa dijadikan pilihan untuk memproteksi kendaraan anda. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraan anda telah dilengkapi sistem kontrol elektronik.

Sumber: otomitra.com

5. Pelacak GPS
GPS atau Global positioning system merupakan salah satu perangkat pengaman mobil yang memanfaatkan sistem satelit GPS dan GSM/GPRS dimana sistem kerjanya adalah mengirim data koordinat guna melacak posisi kendaraan sehingga mudah ditemukan. Pemasangan GPS pada kendaraan sangat membantu dalam meminimalisir terjadinya pencurian mobil.

 
Sumber: assets.otomotifnet.com


6. Chip Kontak
Chip kontak merupakan alat pengaman tambahan mobil lainnya yang digunakan dengan sistem sensor. Sensor chip hanya mampu terbaca di kunci kontak mobil. Sensor dapat di pasang di kap mobil sehingga apabila kap mobil dibuka alarm nya langsung berbunyi. Sensor memiliki banyak jenis, ada sensor bayang dan sensor getar. Pada umumnya, orang lebih menyukai sensor bayang karena sensor bayang dapat memicu alarm dengan getaran yang halus dibandingkan sensor getar sehingga cepat dalam memberikan tanda apabila terdapat gangguan pada mobil.

Sumber: im1.olx.biz.id


7. Sling
Sling atau yang juga dikenal dengan istilah kawat baja juga dapat digunakan sebagai pengaman mobil karena kawat baja ini susah untuk diputuskan. Apalagi jika pengaman ini dikombinasikan dengan gembok hardened yang memiliki ukuran besar dan memiliki pengait pendek sehingga akan mempersulit apabila ingin menembusnya dengan gunting gembok. Gembok ini biasanya digunakan pada mobil-mobil box. Selain itu, untuk lebih menambah pengamanan pada mobil, dapat menggunakan kaca mobil anti pecah guna lebih meminimalisir kemungkinan pencurian yang akan terjadi.

 
Sumber: saft7.com


8. Pemutus listrik
Memasang pemutus listrik boleh jadi alternatif lainnya untuk meningkatkan keamanan pada mobil anda. Saklar rahasia yang terpasang memiliki fungsi untuk memutuskan aliran listrik mobil sehingga ketika saklar diaktifkan dan listrik diputus aki, mobil tidak akan bisa dihidupkan. Hal ini dapat membuat mobil anda batal untuk dicuri.

Sumber: www.karimunestilo.com


9. Sekring
Pengaman mobil terbaik lainnya yang sangat berperan adalah sekring. Sekring pada mobil berfungsi dalam mengendalikan listrik mobil dimana jika sekring yang berwarna biru dicabut, mobil tidak bisa dihidupkan.

Nah demikianlah beberapa alat pengaman mobil dari pencurian yang dapat dicoba pada mobil sahabat otomotif. Sebaiknya alat pengaman yang digunakan lebih dari satu untuk lebih meningkatkan keamanan dan mengurangi angka kriminalitas pencurian mobil yang saat ini lagi marak diberitakan. Meskipun tidak dapat memberikan jaminan penuh dapat terbebas dari aksi maling, tapi setidaknya anda sudah mencoba memproteksi mobil anda dari aksi kejahatan. Semoga info yang diberikan dapat mengamankan mobil sahabat dari aksi maling.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

  1. Mantap bang , Jangan lupa main2 diblog ana ya
    https://tausemuacara.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Wah ,, blog nya keren .
    yuk main ke blog aku kk

    BalasHapus

Silahkan Berikan Komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Berbagai cara-cara ada disini
Website Tausemuacara Created by Ripano
Posts RSS Comments RSS
Back to top